Review dan Sinopsis Film The Strange Things About the Jhonsons, Spoiler Alert

Halo blog udah lama banget ga nulis disini karena berbagai kesibukan, by the way sekarang gue udah berhasil lulus jadi dokter gigi, jadi gue ga segabut dulu yang tiap galau gue mampir kesini, bisa dibilang sekarang gue udah stabil

Dalam tulisan kali ini, gue akan mereview film yang berjudul The Strange Things About the Jhonsons, film pendek tahun 2011 ini berdurasi kurang dari 30 menit, ditulis dan disutradarai oleh Ari Aster untuk thesis di American Film Institute's Graduate School




Jadi pagi tadi gue lagi browsing tentang film terbarunya si Ari Aster ini yang berjudul Midsommar, terus gue gangerti kenapa sampe bisa ketemu film pendek ini. Berkat kekepoan gue, akhirnya gue browsing kesana sini dan menemukan bejibun meme tentang film ini dan gue kira kaya "oh ini dark comedy kah?" karena memenya emang super lucu

Berangkat dari rasa kepo dan gabut pagi ini, akhirnya gue memutuskan untuk menyaksikan film ini di Youtube, baru aja mulai 2 menit gue udah "HAAAH APAAN INI" dan memutuskan untuk membuat review film The Strange Things About the Jhonsons ini dalam bahasa, agar orang-orang Indonesia yang kepo seperti gue bisa membaca sinopsisnya dulu sebelum akhirnya memutuskan untuk nonton filmnya langsung

Dimulai dari sini terdapat spoiler ya!

Jadi, film ini tuh menceritakan tentang keluarga Jhonson, keluarga dengan tingkat ekonomi menengah yang tinggal di sebuah komplek perumahan. Bapaknya, Sidney Jhonson adalah seorang penulis puisi yang lumayan terkenal, Ibunya Joan Jhonson adalah seorang Ibu Rumah Tangga yang menjalankan tugasnya dengan baiklah, sayang sama suaminya, sayang sama anaknya, jago masak, dll. Pasangan suami istri ini punya 1 anak laki-laki namanya Isaiah Jhonson.

Film dibuka dengan suara aneh yang awalnya gue kira suara kaki orang lagi jogging, eh taunya nggak dong! film dibuka dengan scene si Isaiah lagi *ehem* masturbasi di kamarnya dan ditutup selimut sambil memandangi sebuah foto yang awalnya kaga dikasih liat foto apaan. Pas lagi anteng-antengnya tiba-tiba bapaknya masuk kamar dia, dia ngambek dan bapaknya refleks ngomong "gue ga liat apa apa" gitu, lalu bapaknya keluar kamar lagi



Beberapa menit kemudian bapaknya ijin buat masuk kamar lagi, si Isaiah udah nahan malu sambil diem dalem selimut, foto yang tadi dia pegang diumpetin dalem selimut. Bapaknya datang cuma kasih wejangan kalau hal 'itu' tuh normal, manusia banyak yang ngelakuin, dan ga perlu ngerasa malu atau berbeda karena udah ngelakuin itu, dan bla bla bla. Setelah obrolan kebapak-an selesai, Sidney jalan keluar kamar dan mereka saling tukar kata-kata i love you. Terus dilanjutkan dengan mereka sekeluarga bikin foto keluarga dan ini adalah scene terakhir Sidney bisa tersenyum lepas seperti manusia pada umumnya

Reaksi gue saat liat scene ini "bapaknya baik banget"

Terus tiba-tiba ini film bangke ngasih liat foto yang dipegang sama si Isaiah pas lagi berbuat tidak senonoh itu foto siapa, taunya itu teh foto bapaknya -_-

di detik ini gue tau, gue seharusnya berhenti, tapi gue dengan bolotnya ngelanjutin film ini sampe gue kebayang bayang sendiri

Terus tiba-tiba filmnya lompat ke 14 tahun kemudian, dimana si Isaiah udah gede terus di rumahnya lagi acara resepsi pernikahan dia sama seorang cewek. Johnson sekeluarga, dan keluarga pihak ceweknya foto bareng kaya orang-orang yang foto di pelaminan biasanya. Disitu gue sadar kalau mimik si Sidney ini udah ga kaya scene sebelumnya, dia tertekan dan mukanya sedih, nggak ada senyum-senyumnya. Pas lagi foto, Isaiah bisik-bisik ke Sidney ngomong "thanks for everything, Bob" sambil megang *ehem* pantatnya Sidney

Tiba-tiba kita diperlihatkan scene dimana Joan lagi nyari suami sama anaknya ada dimana, setelah tanya sana sini akhirnya dia berjalan mengarah ke halaman samping, dimana ga ada siapapun disana dan ada pagar kecil pembatas yang di pinggirnya ada lubang buat ngintip gitu, dan dari arah belakang pagar itu ada suara mendesah-desah gitu, nah ngintip deh emaknya



Jreng jreng, taunya di balik pager ada Isaiah yang lagi ngelecehin bapaknya, dan disitu keliatan jelas si Sidney gabisa ngelawan, karena mukanya keliatan bingung, panik, takut, malu, dan ga ngerti mau ngapain. Keliatan jelas kalau dia freeze, beku ga bergerak sedikitpun, tapi mukanya nunjukin kalau dia gamau..

Joan, sebagai istri yang harusnya dobrak masuk lah minimal untuk menghentikan, ini malah ga berbuat apa-apa, dia cuma balik badan, nangis dikit, terus pergi lagi ke pesta pernikahan kaya ga terjadi apa-apa. Kayaknya dia takut kalau aib ini bakal nyebar ke seluruh warga, jadinya ya dia diem aja waktu si anak bangkenya ngelakuin hal aneh, ga ngebantu sama sekali




Nah, hari-hari setelah pernikahan si Isaiah, dia masih suka main ke rumah orangtuanya, entah untuk tahun baruan bareng atau cuma sekedar makan malam bareng. Sidney mulai menulis buku yang berjudul Cocoon Man: Confession of Sidney Johnson kalau ngga salah, pokoknya isinya tentang bagaimana pelecehan itu semuanya dimulai, dan bagaimana bingungnya dia harus bertindak, juga bagaimana malunya dia

Sidney selipin buku ini di bawah bantalnya Joan agar Joan tau kisah dia karena kan ga mungkin dia cerita langsung, tapi sialnya ketauan duluan sama Isaiah. Isaiah marah dan ngebakar bukunya terus maksa Sidney supaya delete semua file tentang buku ini di komputer. Ada adegan yang sangat sedih disini, Sidney ngga salah tapi dia justru meminta maaf  sama Isaiah karena dia menulis buku itu, dia yang dilecehin dan dia yang minta maaf. Untung Isaiah ga lahir di Indonesia, kalau disini dia udah dikutuk jadi batu

Pada saat perayaan tahun baru, diadain acara tahun baruan di rumah Joan dan Sidney, Isaiah juga datang sama istrinya. Entah kenapa, tiba-tiba Isaiah bilang sama istrinya kalau dia ga ikut pulang, alesannya dia mau bantu-bantu orangtuanya untuk bebenah rumah.

Saat itu, Sidney posisinya lagi berendam di bathtub sambil dengerin rekaman motivasi gitu, tiba-tiba pintunya didobrak sama si Isaiah dan Sidney diperkosa. Sidney teriak memohon buat Isaiah agar berhenti, suaranya sampai ke dalam kamar tidur Joan dan Sidney yang di dalamnya ada Joan lagi nonton tv, tapi emang dasar istri ga berguna, ngedenger teriakan Sidney dia malah lagi-lagi pura-pura ga tau dan maksimalin volume tv.


Malamnya Sidney gabisa tidur, Joan juga (tapi dia pura-pura tidur). Besok paginya, Sidney ngambil last copy buku Coocon Man dia yang disimpen di bawah lantai kayu kamar tidurnya. Dia berjalan keluar rumah terburu-buru untuk ngasih buku itu ke penerbit, taunya disambut sama Isaiah yang ternyata masih ada di ruang tamu. Disitu Isaiah lagi-lagi cuma membenarkan diri dan nyalahin Sidney, karena Sidney makanya dia jadi kaya sekarang.

Sidney buru-buru lari keluar rumah sambil bawa bukunya, terus taunya ketabrak mobil van yang lagi ngebut dan tewas di tempat sambil meluk bukunya.

Di akhir film, Joan (akhirnya!) nanya ke Isaiah kenapa bapaknya nangis di kamar mandi berjam-jam setelah ngejemput Isaiah dari tempat prom, tentu aja Isaiah ngeles dengan berbagai macam jurus. Lalu Joan narik kesimpulan "is that when it all started?" (maksudnya pelecehannya), pokoknya ujung-ujungnya obrolan ini menjurus ke debat dimana akhirnya Joan nampar Isaiah dan Isaiah bales nabok. Film ditutup dengan Isaiah yang meninggal karena ditusuk pake besi perapian oleh Joan. End

Film ini bener-bener ngejabarin korban pelecehan yang ada di sekitar kita. Tidak melapor bukan berarti takut, tapi dia lebih ke arah malu karena gabisa jaga diri, dalam film ini dia malu karena tidak bisa mendidik anaknya sendiri. Rata-rata respon keluarga dari korban pelecehan juga biasanya cuma "pura-pura gatau" karena ini dianggep aib, dan ga mau beritanya sampe kesebar, akhirnya cuma bilang "jangan sampe orang lain dengar".

Isaiah sendiri adalah penggambaran yang bagus dari pelaku pelecehan, dari luar keliatan kharismatik, family man, anak yang sayang banget sama orangtuanya, taunya mah biadab. Apalagi sepanjang film dia gamau ngaku salah dan selalu nyalahin Sidney, sampe akhirnya Sidney yang selalu minta maaf.

Untuk actingnya, Isaiah dan Sidney gue rasa cukup bagus buat menyampaikan peran masing-masing, terbukti dari sampe sekarang gue masih aja kasian sama si Sidney dan sebel sama Isaiah. Acting dari Joan menurut gue terlalu flat, mengingatkan gue akan sosok pembantu yang ada di film Get Out, datar aja gitu adem adem, sebenernya bakal lebih bagus kalau dia bisa nunjukin ekspresi kaya nangis meraung-raung ketika sendirian kalau keinget Sidney (atau mungkin perannya emang sengaja dibikin flat, ngga tau juga)

Jadi itulah review dari film ini, gue sengaja post tentang ini dalam bahasa agar orang-orang clueless seperti gue di luar sana bisa baca ini dulu sebelum akhirnya memutuskan untuk mengacaukan pikirannya sendiri untuk nonton langsung :))

Enjoy!




Comments

  1. Nggak perlu nonton cukup baca ini aja

    ReplyDelete
  2. Makasih, bang. Skrg gw udah ga merasa penasaran tanpa perlu nonton adegan-adegan bedebah di filmnya

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular Posts