Flu Pada Kucing

Halo blog! Beberapa bulan lalu salah satu kucing di rumah gue baru aja sembuh dari yang namanya Flu. Biasanya sih kalau lagi musim peralihan gitu emang kucing di rumah pada rentan flu semua, suka tiba-tiba bersin aja gitu berkali-kali -_-

Selain karena faktor cuaca, kucing yang rentan banget terkena flu biasanya adalah kucing yang super mager, yang kerjaannya tidur doang. Kucing yang ngga divaksin juga jadi rentan terkena flu karena daya tahan tubuhnya jelek. Kucing yang paling rentan kena flu sih biasanya kucing ras persia.

Sebenernya untuk flu pada kucing ini ngga ada obatnya, jadi untuk sembuh/tidaknya flu dari si kucing adalah tergantung dari daya tahan tubuhnya sendiri, jadi biasanya gue cuma kasih suplemen suplemen gitu gitu aja ke kucing gue yang lagi flu (kecuali kondisi khusus dimana ingusnya sudah berubah jadi warna hijau, ini biasanya perlu antibiotik, silakan konsul ke drh terdekat). Flu ini lumayan fatal kalau kena ke kucing yang masih kecil, jadi tolong lebih diperhatikan kalau kitten kitten unyu di rumah tiba-tiba idungnya meler atau bersin-bersin.




Ciri-ciri kucing yang biasanya terkena flu:
- Bersin (berkali-kali, sekali bersin bisa tiba-tiba beruntun 10x)
- Mata berair
- Hidung berair/ingus
- Ga nafsu makan
- Lemes
- Kadang ada juga yang sampai demam
- Sariawan (kalau udah ada sariawan, biasanya ngences/drolling)
- Bau

Cara mengobati:
Hal yang pertama kali gue lakukan ketika kucing gue bersin-bersin adalah gue akan ke tokopedia untuk beli suplemen kucing. Suplemen yang biasa gue gunakan adalah Transfer Factor (yang buat manusia, bukan yang cat), gw kasih 1 kapsul sehari. Cara kasih Transfer Factor ini gampang banget, jadi kapsulnya dibuka aja terus campurin wet food, atau bisa juga dilarutin sedikit air terus langsung ditetesin ke mulutnya.

Suplemen lain yang biasa gue kasih ke kucing gue adalah cat fortan, sekali minum bisa 2 butir sehari (karena berat badannya gede). Cat fortan ini rada gede bentuknya (tablet) jadi masukinnya agak susah ke mulut, cuma biasanya kucing gue ga masalah sih walau dicekok ini suplemen, ngga jadi kaya ngeludah/marah-marah gitu sih.

Setelah suplemen sudah oke, biasanya pagi hari kucing gue bakal diajak berjemur di depan rumah biar badannya anget, sekali berjemur biasanya cuma sekitar 10-15menit. Gue biasanya akan membiarkan kucing gue tidur seharian dan ga bakal gue ganggu, kecuali kalau dia males makan, gue akan ganggu dia tiap jam makan untuk disuapin (jangan biarin kucing dehidrasi karena ga makan/minum, nanti sakitnya nambah parah).

Hal yang sepele tapi ngga kalah pentingnya adalah jaga kebersihan kucingnya (tapi bukan dimandiin ya). Jaga kebersihan disini maksudnya adalah bersihin kotak pasirnya, bersihin area dia berkeliaran. Jangan lupa bersihin juga matanya yang berair dan hidungnya yang ingusan, dilap aja lembut pelan-pelan pake tisu sesering mungkin, karena cairan-cairan itu kaya bisa bikin mereka lecet gitu kulitnya gara-gara gatel.

Tips terakhir adalah: isolasi kucingnya, kalau kalian punya lebih dari 1 kucing di rumah, jangan biarin kucing yang flu ketemu kucing sehat lainnya.

Kalau tips yang di atas udah dilakukan selama 4-7 hari tapi keadaan flu malah makin parah (ingus berubah jadi warna hijau) buru-buru dibawa ke dokter hewan ya, soalnya kalau kondisi kaya gitu biasanya butuh penanganan lebih lanjut.

Comments

Popular Posts